Monday, June 30, 2008

Yang Perlu untuk Tumbuh Kembang Anak



Pola hidup sehat harus dimulai dari diri sendiri, sejak dini. Pembentukan pola hidup sehat akan lebih baik bila dimulai sejak kanak-kanak. Mengajarkan hidup bersih juga dapat digunakan sebagai satu media pembelajaran untuk penerapan disiplin. Cara mengajarkannya? Orang tua harus menjadi contoh. Anak perlu dibiasakan untuk melakukan hal-hal yang bisa diawali dengan teladan dari orang tua.


Menjaga Kebersihan Tubuh

Mandi
Frekuensi dan waktu untuk mandi sangat tergantung pada kondisi anak. Jika anak banyak melakukan aktivitas yang mengeluarkan keringat maka sebaiknya frekuensi mandi harus lebih sering. Keringat yang menempel di tubuh anak akan mengundang kuman-kuman untuk bersarang. Si kecil pun bisa terkena penyakit kulit. Idealnya, sekali dalam satu hari anak perlu keramas. Sehabis mandi bersihkanlah pusar.

Bentuk pusar yang menjorok ke dalam sulit untuk dibersihkan karenanya, pusar harus dibersihkan dengan menggunakan bahan yang lembut dan dengan hati-hati.
Sehabis mandi Bersihkan juga lubang hidung dengan tissue, dan telinga dengan cotton bud. Penggunaan tangan tidak dianjurkan. Tangan yang tidak bersih dapat menjadi sumber bakteri.

Menyikat Gigi
Setiap selesai makan dan sebelum tidur, mulut harus dibersihkan karena, sisa-sisa makanan yang tertinggal di gigi dan rongga mulut lama kelamaan dapat menjadi plak dan karang gigi.

Menggunting Kuku dan Mencuci Tangan
Kuku bisa menjadi sarang bertumbuhnya kuman dan bakteri penyebab penyakit. Selain itu, kuku juga dapat melukai anak. Jagalah agar kuku tetap pendek.

Cucilah tangan sesering mungkin. Tangan merupakan media penularan penyakit yang sangat potensial