Monday, June 30, 2008

Gangguan Kesuburan Reproduksi Pada Pria





Sperma yang sehat adalah yang memiliki bentuk sempurna, lincah, dan memiliki gerakan cepat. Sperma yang gerakannya pelan dan tidak sempurna atau berenang menuju arah yang salah tentu menyebabkan pembuahan menjadi sangat sulit.

Kita tahu bahwa mempunyai keturunan merupakan hasil "kerja sama apik" antara pasangan suami istri. Sebagai tim, keduanya saling memengaruhi. Jika salah satu bermasalah alias tidak subur, maka kinerja tim untuk menghasilkan keturunan pun terganggu. Pada kesempatan ini, kita akan sedikit mengupas faktor-faktor penyebab ketidaksuburan Kaum Adam.


Peran pria dalam proses "pembuatan" bayi tidak cukup hanya dengan memproduksi sperma dan meletakannya di dalam vagina dan rahim wanita. Tapi, kualitas spermanya juga harus cukup bagus karena jika selamat sampai ke sana, sperma harus cukup kuat untuk berenang ke saluran telur (tuba fallopi) ke kandungan rahim untuk bertemu dengan telur.
Gangguan-Gangguan Penyebab Sperma Tidak Subur
Kita tahu bahwa faktor utama yang memengaruhi kesuburan pria adalah kualitas spermanya, baik kualitas maupun kuantitasnya. Sperma yang sehat adalah yang memiliki bentuk sempurna, lincah, dan memiliki gerakan cepat. Sperma yang gerakannya pelan dan tidak sempurna atau berenang menuju arah yang salah tentu menyebabkan pembuahan menjadi sangat sulit. Agar kesempatan untuk membuahi besar, dibutuhkan minimal sebanyak 20 juta sperma per mililiter air mani.

Menurut beberapa pakar kesehatan reproduksi, sebenarnya ada dua penyakit atau kondisi yang paling sering menyebabkan kurangnya kualitas sperma sehingga menyebabkan pria kurang subur, yaitu varicocele dan penyakit menular seksual (PMS). Varicocele adalah varises pada pembuluh darah balik yang ada disekitar testis (vena plexus pampiniformis).

Varises itu menyebabkan pembuluh tersebut melebar sedangkan klep vena tetap sehingga aliran darah menjadi tidak lancar dan terjadi aliran balik (reflux). Pada keadaan normal, darah mengalir ke arah jantung, sedangkan pada penderita varicocele, darah banyak terperangkap di sekitar testis. Dampaknya, suhu