Monday, June 30, 2008

Menu lezat Jantung Sehat




Seseorang yang menderita gangguan jantung disyaratkan mampu mengatur asupan nutrisi untuk menghindari penyumbatan pembuluh darah dan mencegah komplikasi.

Penyakit jantung? Pastinya sangat menakutkan. Gejala ringan saja sangat menganggu bagi penderita. Kolesterol, ’si biang keladi’ penyakit ini pun lantas menjadi musuh. Bila dokter sudah memberi vonis penyakit jantung, alhasil, ’si tertuduh’ sumber kolesterol dikontrol habis-habisan.

Mengenali makanan dan minuman yang akan dikonsumsi, dapat membantu memilih makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi. Jika dapat mengenali makanan dan kandungan di dalamnya dengan baik, tak perlu lagi kuatir bila hendak makan atau minum. Meskipun mengalami gangguan jantung, makanan lezat tetap bisa disantap.


Seseorang yang menderita gangguan jantung disyaratkan mampu mengatur asupan nutrisi untuk menghindari penyumbatan pembuluh darah dan mencegah komplikasi. Selain untuk menghindari komplikasi, diet jantung sehat juga dapat dilakukan. Pengaturan konsumsi makanan, mutlak diperlukan untuk mengontrol kadar kolesterol dan lemak yang seimbang. Pengaturan makanan difokuskan untuk menurunkan kadar kolesterol LDL (low density lipoprotein, atau yang sering disebut lemak jenuh) dan meningkatkan HDL (high density lipoprotein, atau sering disebut dengan lemak tak jenuh).

Satu aksi dua manfaat. Diet jantung sehat tak hanya menjaga kesehatan jantung, namun juga dapat membantu menurunkan gula darah, tekanan darah dan berat badan tentunya.

Jadi apakah yang sebaiknya dikonsumsi?

Serat larut
Banyak terdapat pada beras merah, roti gandum, buah-buahan yang dikonsumsi bersama kulitnya seperti; pir, jambu biji dan apel; kacang-kacangan dan polong-polongan seperti kacang merah, kacang hijau, kacang kedelai dan kacang merah berkulit ari. Serat larut dapat menurunkan risiko penyakit jantung dengan cara mengikat kolesterol jahat