Monday, June 30, 2008

Peduli Lingkungan untuk Kebaikan Bersama




’Pertukaran Polusi Internasional’ Mengakibatkan Masalah Serius

Tahukah Anda bahwa masalah lingkungan yang terjadi pada satu Negara akan berimbas ke negara lain? Fakta berbicara bahwa angin dan air tidak mengenal batas wilayah atau negara. Sering sekali, sambah dari satu negara menyebabkan kerusakan lingkungan dan krisis ekonomi di negara lain. Karena asal masalahnya berada pada negara lain, maka tak jarang penyelesaiannya menjadi sangat rumit akibat kesulitan diplomasi dan hubungan internasioanl. Tinggallah orang di sekitar daerah masalah yang menanggung akibatnya.


Contoh permasalahan yang paling nyata akan kasus tersebut terdapat di Asia. Polusi yang berasal dari Cina menjadi masalah yang sangat besar bagi Jepang dan Korea Selatan. Kerusakan lingkungan yang serius pun terus berlangsung akibat Cina mengembangkan bisnis yang tidak mempedulikan dampaknya terhadap lingkungan.


Di lereng gunung Zao, Jepang, gundukan es yang merupakan ekosistem pendukung kelestarian lingkungan dan juga objek wisata yang poternsial, mengalami ancaman serius akibat asan yang dihasilkan sulfur-sulfur pabrik milik Cina di provinsi Shanxi dan terbawa oleh angin ke Jepang.

Sering sekali kita tidak menduga bahkan membayangkan pun tidak, bahwa tindakan kita yang tidak peduli lingkungan menjadi malapetaka bagi orang lain. Sebaliknya juga demikia, tindakan ’masa bodoh’ pada lingkungan dari orang lain, bisa jadi malapetaka bagi kita. Karenanya, mari kita bersama menjaga kelestarian bumi.[About.com]