Monday, June 30, 2008

Solusi Kebutuhan Air di Jaman yang Makin Seret




Perlu diketahui, otak yang notabene adalah pengendali semua sistem syaraf tubuh merupakan organ tubuh yang sangat membutuhkan air.

Air menjadi salah satu anasir yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Tidak hanya untuk minum, air juga berfungsi untuk beragam kebutuhan sehari. Saat ini, kebutuhan air, terutama air bersih, mulai menunjukkan kecenderungan negatif. Di Jakarta, misalnya, Palyja (perusahaan penyedia air minum) menyatakan bahwa penduduk Jakarta semakin kesulitan mencari air. Pasalnya, persediaan air tanah di Jakarta sudah mulai menipis.

Tidak mengherankan jika kemudian semakin banyak penduduk Jakarta dan kota besar lain mempercayakan kebutuhan air minum mereka pada PDAM. Padahal, kita tahu bahwa air minum dari PAM merupakan air hasil olahan air sungai sehingga masih mengandung beragam bakteri dan campuran zat-zat kimia. Nah, jika yang diolah salah satunya adalah air dari Sungai Ciliwung yang terkenal kotor, bisa dibayangkan hasil akhir air PAM yang kita konsumsi.


Kebutuhan Air untuk Tubuh
80% tubuh manusia terdiri dari air, sedangkan sisanya berupa zat padat seperti tulang, gigi, dan organ-organ tubuh keras lainnya. Perlu diketahui, otak yang notabene adalah pengendali semua sistem syaraf tubuh merupakan organ tubuh yang sangat membutuhkan air. Bagaimana jadinya jika otak kekurangan cairan yang dibawa oleh darah? Kinerja tubuh pasti akan terganggu.

Berikut 5 fungsi dasar air bagi beberapa kinerja organ tubuh:

• Kulit. Minum cukup air dapat menjaga kelembapan kulit akibat pengaruh udara panas dari luar tubuh. Air sangat penting untuk menjaga elastisitas dan kelembutan kulit, serta mencegah kekeringan.

• Melindungi dan melumasi gerakan sendi dan otot. Sebagian besar cairan yang melindungi dan melunasi gerakan sendi dan otot terdiri dari air. Mengonsumsi air sebelum, selama dan setelah melakukan aktivitas fisik, berarti meminimalkan risiko kejang otot dan kelelahan.

• Menjaga kestabilan suhu tubuh. Keringat adalah mekanisme alamiah untuk mengendalikan suhu tubuh. Agar dapat berkeringat, tubuh membutuhkan cukup banyak air.

• Membersihkan racun. Asupan air yang cukup dapat membantu proses pembuangan racun yang terjadi pada ginjal dan hati.

• Menstabilkan pembuangan. Konsumsi air yang cukup akan membantu kerja sistem pencernaan didalam usus besar. Proses ini akan mencegah gang